--Selamat Berkunjung. Jika Ingin Mendapatkan Update Artikel Dari KetikSpasi, Klik Button Follow Disebelah Kanan--

Masih Kosong

Sabtu, 01 Oktober 2011

CodeIgniter v.1.7 Versus v.2.2

Kali ini saya akan membeberkan beberapa perubahan pada Framework Codeigniter v2.x dengan versi sebelumnya, versi 1.7.x (yg berakhir di v1.7.3)
Tetapi sebelumnya saya akan menjelaskan asal mula CI. CI merupakan sebuah framework PHP yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan profesional untuk membangun sebuah aplikasi web. CI ini bukanlah dikembangkan oleh komunitas, tetapi oleh sebuah perusahaan (vendor), yang bernama EllisLab. EllisLab mempunyai produk CMS yang bernama ExpressionEngine. Kabar – kabarnya sih CI ini berasal dari CMS ExpressionEngine ini. Jadi bukan ExpressionEngine dibangun dengan CI, tetapi justru CI adalah hasil ekstraksi (atau kompresi) dari ExpressionEngine.


Setelah browsing sana – sini, ternyata ada fork (cabang) pengembangan dari CI. Dan ini dikembangkan oleh komunitas. Kalau di Linux mungkin seperti antara RedHat Enterprise dan CentOS.
Framework ini bernama Kohana (KohanaPHP.com). Salah satu perbedaan signifikan dari Kohana adalah, Kohana hanya bisa berjalan dengan PHP5 (tidak support PHP4). Selain itu ada beberapa fasilitas yang ditambahkan dan diperbaiki oleh komunitas, sesuai banyaknya permintaan dari komunitas. Perbandingan yang bagus antara CodeIgniter dan Kohana bisa dilihat disini.
Di CI sendiri saya baca di forum, seringkali ada permintaan terhadap suatu fitur tetapi tidak digubris oleh developer CI. Di Kohana kekurangan ini diperbaiki. Tetapi bukan berarti Kohana juga tanpa kekurangan. Untuk urusan dokumentasi, Kohana masih sangat jauh dibanding CI. Tetapi bagi saya pribadi, dokumentasinya masih lebih baik dari CakePHP.

Kita kembali lagi pada pembahasan CI. Ada banyak tutorial yang ada di internet yang bisa kita lihat dan lakukan untuk pengembangan aplikasi web, dan salah satunya adalah di situs ini hehe. Namun apakah tutorial tersebut sesuai dengan versi CI yang digunakan? soalnya ada beberapa tutorial yang masih menggunakan CI versi 1.7.x ke bawah, sedangkan mulai dari versi 2.0 CI mengalami banyak perubahan.
Berikut ini adalah beberapa perubahan yang penting diketahui pada CI versi 2.x dengan versi 1.7.x:
  1. Sudah tidak mendukung PHP 4, minimal membutuhkan PHP 5.1
  2. Direktori “Plugins” dihapus, sepenuhnya dibuat di Helpers. Beberapa plugins yg ada sebelumnya sudah dijadikan helper.
  3. Ditambah library baru, yaitu Drivers
  4. Terdapat Application Packages
  5. Mendukung full query string
  6. Pada model dan controller, ada awalan CI_[nama_class], yaitu CI_Model dan CI_Controller
  7. Folder Application sudah berada di luar system
  8. Ditambahkan library Security, untuk keamanan dan filter
  9. Base_url sudah otomatis jika dikosongkan
  10. Terdapat kompatibilitas Command line untuk cron jobs
Dan masih banyak lagi.. yg di atas hanya sebagian besar yang memang patut diketahui, hehe…
Versi terakhir CI saat ini adalah versi 2.0.2..
Untuk lebih lengkapnya temen2 bisa lihat di sini:
http://codeigniter.com/user_guide/changelog.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar