--Selamat Berkunjung. Jika Ingin Mendapatkan Update Artikel Dari KetikSpasi, Klik Button Follow Disebelah Kanan--

Masih Kosong

Rabu, 28 November 2012

Mengenal Perintah OpenGL


OpenGL adalah suatu spefikasi grafik yang menyediakan fungsi untuk pembuatan grafik primitif termasuk titik, garis, dan lingkaran. OpenGL digunakan untuk mendefinisikan suatu objek, baik objek 2-dimensi maupun objek 3-dimensi.
OpenGL juga merupakan suatu antarmuka pemrograman aplikasi yang tidak tergantung pada sistem operasi yang digunakan, sehingga OpenGL dapat berjalan pada sistem operasi Windows, UNIX dan sistem operasi lainnya. OpenGL pada awalnya didesain untuk digunakan pada bahasa pemrograman C atau C++, namun dalam perkembangannya OpenGL dapat juga digunakan dalam bahasa pemrograman yang lain seperti Java, Tcl, Ada, Visual Basic, Delphi, maupun Fortran.
OpenGL terdiri lebih dari 700 perintah yang mempunyai fungsi dan parameter tertentu Adapun contoh-contoh perintah pada OpenGL seperti pada tabel dibawah ini.

Perintah pada OpenGL menggunakan kata depan gl dan untuk kata selanjutnya merupakan perintah untuk melakukan suatu operasi pembuatan objek.
Pendefinisian variable dan konstanta pada OpenGL menggunakan huruf kapital untuk semua hurufnya dan dibatasi oleh garis bawah. Pada sistem operasi windows perintah-perintah pada OpenGL terpaket pada file Opengl32.dll yang merupakan file Dynamic Load Library.

Referensi: S. Dave, W. Mason, N Jackie and D. Tom, OpenGL Programming Guide, 6th
Edition, Addison-Wesley, Inc., 2008.


1 komentar: