--Selamat Berkunjung. Jika Ingin Mendapatkan Update Artikel Dari KetikSpasi, Klik Button Follow Disebelah Kanan--

Masih Kosong

Selasa, 09 Juni 2015

Instrumentasi dan Kontrol

Dasar-dasar Sistem Instrumentasi dan Sistem Kotrol


Penjelasan apa yang dimaksud instrumentasi, dan bagaimana aplikasi serta penerapan instrumentasi tersebut. Akan dicoba juga untuk memaparkan hal-hal yang berhubungan dengan instrumentasi dalam dunia industri.
Dari berbagai definisi dan literatur,  Instrumentasi adalah alat-alat dan piranti (device) yang dipakai pada pengukuran dan pengendalian sistem terhadap suatu objek untuk mengetahui harga/nilai variable suatu besaran proses agar sesuai dengan nilai besaran yang diingikan. Instrumentasi secara umum mempunyai 3 fungsi utama:
  1. sebagai alat pengukuran
  2. sebagai alat analisis, 
  3. sebagai alat kendali.
Suatu sistem pengedalian proses juga tediri atas beberapa komponen antara lain:


  • Sensor/transduser,yang berfungsi menghasilkan informasi dari besaran yang diukur.

                Sensor sendiri merupakan suatu alat yang digunakan untuk mendeteksi sinyal-sinyal                                                         berupa energi listrik, maupun energi lainnya

                Tranduser adalah alat yang mengubah gejala fisis menjadi energi lain seperti listik, mekanis dan lain-lain
   
  •     Transmitter, berfungsi memproses informasi dari hasil pembacaan sensor/transduser agar data tersebut dapat ditransmisikan.
  •      Controller, berfungsi membandingkan sinyal pengukuran dengan nilai besaran yang diinginkan
  •      Actuator, berfungsi mengubah masukan proses sesuai dengan sinyal yan diperintahkan dari pengkontrol.
Dalam sistem Instrumentasi kontrol ini objek yang dikontrol adalah berupa besaran – besaran fisis. Adapun objek yang dikontrol kemudian dibedakan menjadi dua jenis sistem kontrol yaitu:

1.  Sistem kontrol loop tertutup ( close loop)
    Sistem kontrol loop tertutup atau disebut juga sistem kontrol umpan balik ( feedback ) yang memegang peranan penting adalah sinyal kesalahan atau error signal ,perbedaan antara sinyal input dengan sinyal output yang di kirimkan ke mikrokontroler. Tujuannya adalah untuk mengurangi kesalahan yang dihasilkan melalui  sinyal output dan menjadikan sinyal output sesuai dengan hasil yang diinginkan
Contoh: Kulkas, AC, Pompa otomatis

2.  Sistem kontrol loop terbuka ( open loop)
    Pada Sistem kontrol loop terbuka, keluarannya tidak mempengaruhi sinyal output karena tidak ada sinyal umpan balik ( feedback ). jadi pada sistem kontrol loop terbuka ini sinyal outputnya tidak dapat digunakan sebagai perbandingan dengan sinyal inputnya. akibatnya adalah ketetapan atau ketelitian dari sistem ini tergantung pada proses kalibrasi.
Contoh: Mesin cuci

1 komentar:

  1. Did you hear there is a 12 word phrase you can speak to your partner... that will trigger deep feelings of love and instinctual attraction to you deep inside his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, look after and protect you with all his heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Love Response

    This instinct is so hardwired into a man's genetics that it will make him work better than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    Matter-of-fact, fueling this powerful instinct is absolutely binding to having the best ever relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will instantly find him expose his heart and mind to you in a way he never experienced before and he will perceive you as the one and only woman in the world who has ever truly tempted him.

    BalasHapus