--Selamat Berkunjung. Jika Ingin Mendapatkan Update Artikel Dari KetikSpasi, Klik Button Follow Disebelah Kanan--

Masih Kosong

Kamis, 07 Juli 2016

Cara Membuat Mesin Pertamini Digital

Ketika jalan-jalan memakai kendaraan di sebuah pedesaan, saya sempat kehabisan bensin. Kemudian saya mencari kios bensin eceran. Dan saya menemukannya. Ada sesuatu yang menarik dari kios bensin eceran tersebut, yaitu si penjual bensin sudah memakai mesin pertamini analog. Saya katakan mesin pertamini analog, karena sebagai alat ukur literan bensin terletak pada tabung gelas atau biasa disebut alat ukur volume kaca, dimana setiap liternya ditunjukkan dengan strip-strip garis yang terdapat pada kaca ukur tersebut.
Saya sempat berbincang dengan pemilik pertamini analog ini, mengenai cara kerja mesin tersebut. Dari pembicaraan saya dengan si penjual bensin tersebut dapat saya simpulkan cara kerja mesin tersebut.

Pertama, bensin di masukkan kedalam tabung penyimpanan (Drum Bensin yang ukurannya sekitar 200literan), Lalu, kedua, Ditarik atau dihisap dengan alat pengisap yang biasa dipakai oleh penjual minyak goreng curah, Ketiga, bensin yang terhisap kemudian disalurkan melalui selang masuk ke dalam gelas ukur sebagai penampung minyak yang akan dikeluarkan. Ke empat, dari gelas ukur masuk ke tank bansin si pembeli melalui selang dan nozzle yang hampir mirip dengan yang dipakai di SPBU. (Nozzle sebagi stop kontak/keran bensin).
Namun sayang jika menurut saya sebagai master instrumentasi fisika, yang tentu saja akurasi dan presisi mesin pertamini analog tersebut tidak valid dari sudut pandang keilmuan.

Ada hal yang lebih sederhana dalam pengukuran bensin tersebut supaya lebih presisi dan akurat, yaitu hanya dengan mengganti NOZZLE yang tidak ada indikator alat ukur nya dengan NOZZLE yang sudah ada alat ukur digitalnya dan sudah terkalibrasi dengan valid. Pertanyaan nya, memang ada Nozzle yang sudah disertai alat ukur digitalnya? Jawab saya ADA. Dan ini tidak dituntut keahlian bahasa pemrograman bahasa C atau bahasa yang dibutuhkan oleh microcontroller, karena anda tinggal beli Nozzle tersebut dan memasangnya. Bahkan anda tidak harus tau cara kerja alat tersebut berhubungan dengan konsep aliran fluida atau istilah ilmiah dalam satuan debit alir.

Nah bagi anda para pengguna mesin pertamini analog, jika anda ingin mengubahnya secara digital, berarti anda tinggal mengganti Nozzle yang sudah anda gunakan dengan Nozzle yang sudah ada flow meternya. Jadilah Pertamini Analog anda, berubah menjadi Pertamini semi digital hanya dengan mengganti jenis Nozzle nya saja.

Jika anda tertarik dan berminat untuk bereksperiment silahkan ganti Nozzle anda yang masih manual tersebut. Berikut ada link Nozzle digital (Sudah ada Flow Meternya) KLIK DISINI
Atau yang lebih jauh menarik bagi saya Nozzle DISiNI

Begitu deskripsi singkat cara kerja mesin pertamini analog dan modifikasi menjadi semi-digital.

Lalu bagaimana hubungannya antara pertamini analog tersebut yang sudah saya ceritakan dengan judul yang saya buat yaitu "Cara Membuat Pertamini Digital" ?

Sebelum saya membahas apa yang akan saya kemukakan dengan judul blog saya ini. Saya akan bercerita dulu secara ekonomi.

Saya sempat bertanya ke si penjual bensin yang memkai pertamini analog tersebut. Apakah mesin itu bapak buat sendiri. Jawab si penjual bensin "Tidak Pak, saya membelinya dari pabrikan di bandung seharga 5 juta". Nah dari situ saya sempat kepikiran lumayan kalau kita bisa bikin sendiri, itu hanya akan menghabiskan dana setenghanya alias 2,5 juta saja. Namun ada kelemahan dari modifikasi yang telah saya ajukan di atas tersebut. yaitu hanya bisa menyeting ukran literan saja, bukan harga.

Dari judul yang akan saya paparkan, saya sudah searching di profesor google tentang harga jual mesin pertamini digital tersebut, yaitu kisaran harga 15 jutaan. Ya sepadanlah harga tersebut jika anda tidak menguasai bahasa pemrograman dan ilmmu teknik pengukuran.


Tetapi jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri, maka akan saya paparkan cara membuat mesin pertamini yang benar-benar digital hanya bermodalkan bahasa pemrograman microcontroller.

Alat-alat dan bahan yang dibutuhkan:

A. Pembuatan Alat Ukur Digital Bensin Pertamini:

1. Sensor Flow Meter 3/4" (output sensor 5Volt DC) harga 150ribuan
2. Pump Water 3/4" DC 12 Volt (Sebagai pegisap bensin dari drum) 100 ribuan
3. Arduino 150 ribuan
4. Keypad 25 ribuan
5. Seven segment @15 ribuan x 14 = 210 ribuan.
6. Trafo Variable 50 ribuan ( butuh voltage 12 volt dan 5 volt)


A. Bahan yang dibutuhkan selain untuk Pembuatan Alat Ukur Digital Bensin Pertamini:
1. Selang kawat 3/4" 1 Roll/50 meter, 1 jutaan
2. Nozzle merk OPN 500 ribuan.
3. Drum dan cashing biaya bahan dan pembuatan 1,5 jutaan.
4. Neon Box 200ribuan.
5. Roda 4 buah 200 ribuan.

Itulah estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan sebuah Pertamini Digital.

Lalu bagaimana cara merakitnya, terutama memasukan bahasa pemrograman ke dalam microkontroller nya?
Saya menggunakan Arduino, tidak menggunakan IC Microcontroller seperti ATmega 8535, tujuannya supaya lebih simple saja. Karena dalam pembuatan SMM (Sistem Minimum Microcontroller) itu juga kadang rumit, biasa terjadi error, jadi cukup beresiko, makanya saya pakai Arduino saja yang lebih simple.

Untuk Pembuatannya akan saya bahas sikemudian, beserta listing program dan foto-foto dokumentasinya. Jadi harap sabar, saya usahakan saya bikin jika ada waktu senggang.
Jika anda berminat design dan cara pembuatan silahkan koment di sini dan sertakan e-mail untuk pengiriman file-nya.

See You..!

90 komentar:

  1. bang ada nomor yg bisa saya hubungin??
    kirim ke email sy bang.
    ditunggu :)

    BalasHapus
  2. saya tertarik dengan hal yang anda sampaikan, mohon bisa dishare, terima kasih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Mohon Bantuannya untuk share filenya, ini email saya yahdiilarusydi@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  5. Saya hanya mengulas sekilas saja.
    Bagi yg butuh pengetahuan ttg pertamini digital, silahkan kunjungi blog bung surya. Mungkin beliau lebh berkompeten.http://www.pomminitasik.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga juaalnya mahal banget di web teman agan. kalau bikin sendiri yg digital brp total biaya semuanya?

      Hapus
  6. tolong dikirim yg lebih lengkapnya gan ke email nusantara.p08@gmail.com
    tks

    BalasHapus
  7. Gan bisa dibantu lengkap e
    Email javajohan557@gmail.com
    Maturnuwun

    BalasHapus
  8. Gan bisa dibantu lengkap e
    Email javajohan557@gmail.com
    Maturnuwun

    BalasHapus
  9. setiaji37.elektro45@gmail.com

    thanks before gan...

    BalasHapus
  10. saya tertarik dengan hal yang anda sampaikan...
    bisa dibantu lengkapnya pak...
    email saya andyanita18@gmail.com
    makasih.

    BalasHapus
  11. Mas, kalau pesen dalam bentuk jadi bisa?
    tolong email kesaya princepoer@gmail.com
    trims

    BalasHapus
  12. Kenapa literan berubah ubah gan

    BalasHapus
  13. sata tertarik bang gimana detailnya ini email saya hendryblt@gmail.com

    BalasHapus
  14. mau data detailnya

    harunalrasyid148@gmail.com

    BalasHapus
  15. Boleh Donk Tutorialnya....mulyagemini@gmail.com

    BalasHapus
  16. Mau tau detailny.tolong kirim step by step nya ya

    Putrimahardhycha76@gmail.com

    BalasHapus
  17. bang saya punya mesin mini pom, cuma pegisian lambat banget, itu kenapa ya ? ini alamat gmail saya aepgmc247@gmail.com

    BalasHapus
  18. Tlong krim gan ke email sya akuy.88@gmail.com

    BalasHapus
  19. bang saya tertarik membuat pompa bensin dengan arduino nya, tolong kirimikan juga ke email saya ya bang puputarman@gmail.com, terimakasih :D

    BalasHapus
  20. Tolong bberitahu Pak skema dan seting pembuatan pertamini digitalnya Pak, ke email saya. davit8zuntak@gmail.com

    BalasHapus
  21. tolong kirim ke email saya, aan.handiana@gmail.com

    BalasHapus
  22. ilmu yg sangat bermanfaat..makasii pencerahan nya..dengan kerendahan hati mohon untuk lengkap nya bisa kirim ke email bagoezmega@gmail.com

    BalasHapus
  23. trims ats pencerahanya master tolong saya di kasih sketsanya via email anjas.arifin98@gmail.com trims 1000x,,sblumnya

    BalasHapus
  24. Bisa minta tutor lmgkapnya gan...kirimvia email jusoufcel@gmail.com ...thx

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. bagu gan,... minta program dan rangkaiannya mas
    teukumakmurtsani7@gmail.com

    BalasHapus
  27. mau tau detailnya gmna bang...

    theghozt88@gmail.com

    BalasHapus
  28. Permisi gan, saya mau tanya, kenapa tombol display punya saya dari angka 1 sd 6 tidak jalan??? 7 dan seterus nya jalan, apa ada yang rusak? Terima kasih

    BalasHapus
  29. Dibantu kirim filenya di email : muhammad_basrist@yahoo.com

    BalasHapus
  30. Di malang sekarang juga tambah banyak. Memang bisa menjadi peluang usaha

    BalasHapus
  31. Boleh tuh kang, tolong kirim ke anwarnur.f@gmail.com ya..
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  32. Bagus kang..boleh di kirimi dr arnokudus@gmail.com

    BalasHapus
  33. Mantap minta di kirim file sahring ke mbegthea@gmail.com tks

    BalasHapus
  34. Bagus..artikelnya...bisa dikasih turorial programnya dari arnokudus@gmail.com

    BalasHapus
  35. artikelnya bermanfaat ,pengen nyoba om kirim tutornya ke three_service@yahoo.co.id,mkasih om.

    BalasHapus
  36. Mas sy dksh list programnya email
    gsm.team123@gmail.com

    Thsnk

    BalasHapus
  37. Mas sy dksh list programnya email
    gsm.team123@gmail.com

    Thsnk

    BalasHapus
  38. artikelnya bermanfaat,, tolong kirim ke email 3.handx0@gmail.com,, terima kasih gan

    BalasHapus
  39. Artikel ny keren, krim dong l email sya mas

    BalasHapus
  40. bagus sekali informasinya gan, apabila ada yang perlu informasi Pom Mini nya, bisa mengunjungi kami

    BalasHapus
  41. ni yang saya cari,bisa minta kirim cara dan kode nya suhu,ke email herman15051984@gmal.com

    BalasHapus
  42. ni yang saya cari,bisa minta kirim cara dan kode nya suhu,ke email herman15051984@gmal.com

    BalasHapus
  43. sangat inspiratif, kalau berkenan bisa share dong kang tutorial dan program detailnya ke card.23@gmail.com maturnuwun

    BalasHapus
  44. mohon PM ke email saya ( idhamptk@gmail.com )

    BalasHapus
  45. If you would like an alternative to casually dating girls and trying to figure out the right thing to say...

    If you would prefer to have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded bars and restaurants...

    Then I urge you to view this short video to learn a shocking secret that has the potential to get you your very own harem of attractive women:

    FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM...

    BalasHapus
  46. Bagus juga tuh.. tolong d bantu file dgn gambr contohnya.. trims

    BalasHapus
  47. Sangat bermanfaat artikelnya.
    Bisa saya dikirim cara bikinnya pak?
    Ke saifullahmam@gmaik.com

    BalasHapus
  48. ber kelas sekali bapak bisa kirim source code nya pak nihenyumalang@gmail.com

    BalasHapus
  49. Boleh tuh bang kirimin tutorial program, rincian komponen sama cara buat lengkapnya.
    Dwisiswanto1212@gmail.com

    BalasHapus
  50. Boleh tuh bang kirimin tutorial program, rincian komponen sama cara buat lengkapnya.
    Dwisiswanto1212@gmail.com

    BalasHapus
  51. Mas saya pengen nyoba belajar, dan boleh lihat coding nya. Terima kasih

    BalasHapus
  52. Artikel nya sangat bermanfaat master....saya juga ingi coba... kuringkasep81@gmail.com

    BalasHapus
  53. artikel yang bagus dan bermanfaat..saya juga ingin coba..
    fiqh.abdul57@gmail.com

    BalasHapus
  54. Kereeeeeeennn :-D
    boleh minta ilmu ny lbih lanjut gan muehehehe, gustiaryad@gmail.com

    BalasHapus
  55. saya juga ingin coba gan
    akanezels@gmail.com

    BalasHapus
  56. Saya juga ingin tau cara membuatnya
    dhaeva.eva@gmail.com

    BalasHapus
  57. Tolong kirim juga ke saya gan.
    agenpulsa70@yahoo.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  58. Saya juga ingin tau cara membuatnya
    baitulloh12@gmail.com

    BalasHapus
  59. Saya juga ingin tau cara membuatnya
    baitulloh12@gmail.com

    BalasHapus
  60. Boleh bagi tutorialnya bang
    lukmanmmci@gmail.com

    BalasHapus
  61. Terimakasih saya sangat tertarik.bagus untuk persiapan pensiun mas.jaswantouwye0166@gmail.com

    BalasHapus
  62. Mohon Bantuannya untuk share filenya, ini email saya cahayanada20@gmail.com makasih

    BalasHapus
  63. mantab kang artikelnya tentang Mesin Pertamini yang menggiurkan buat usaha kecil-kecilan.

    BalasHapus
  64. Salam.
    Mohon berkenan mengirimkan cara merakitnya. Andrizaelani88@gmail.com

    BalasHapus
  65. Salam.,
    Tolong dikirim cara merakitnya ke soniorion@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  66. File email ke
    Hadiw217@gmail.com

    BalasHapus
  67. sy ingin belajar boleh lihat codingnya gan, terimakasih

    rekkabmadiun@gmail.com

    BalasHapus
  68. Kok jadi penasaran ya...tolong kirim langkah2 nya pak ke..luthfiatmega@gmail.com

    BalasHapus
  69. sepertinya menarik.. ikut belajar..
    tolong kirim ya pak.. terima kasih sebelumnya..

    ghozali.muslim@gmail.com

    BalasHapus
  70. boleh minta sketch code arduino nya dan cara perakitannya?? tolong email dikisyafaatul@gmail.com

    BalasHapus
  71. Boleh minta sketch code arduino dan skematik diagramnya Pak? kirim ke email aldianandhika@gmail.com Terimakasih Pak

    BalasHapus
  72. Kenapa pom mini saya ..jadi bahasa china . Mohon pencerahannya untuk kembali bahasa Indonesia

    BalasHapus
  73. Mohon Bantuannya, Saya tertarik untuk membuat ini.
    ini email saya purbaadrianus@gmail.com

    terimakasih

    BalasHapus
  74. Kirim Program / Coding Arduino Nya Gan...

    Terima Kasih

    saint.alant.21@gmail.com

    BalasHapus
  75. saya pingin belajar juga mas,
    kirim ke email ya adammyadam@yahoo.co.id
    trims..

    BalasHapus
  76. bang maf saya minta dikirim coding buat program ic yg bisa di buka di extreme
    gilangfakih@gmail.com

    BalasHapus
  77. Bisa kirim langkah2nya gan dekiwahyusaputro@yahoo.co.id

    BalasHapus
  78. Bang bisa kirim file lengkap nya ga bang pengen nyoba buat๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  79. Bagi coding dan skema nya bang๐Ÿ™๐Ÿ™
    #Punyosuryadi@gmail.com

    BalasHapus
  80. mas boleh minta tutorial bikinnya? brianngiri@gmail.com

    BalasHapus