--Selamat Berkunjung. Jika Ingin Mendapatkan Update Artikel Dari KetikSpasi, Klik Button Follow Disebelah Kanan--

Masih Kosong

Sabtu, 12 Maret 2011

Membangun Sendiri Social Networking (Komunitas Sosial)


Banyaknya social networking di dunia maya yang menarik para penggunanya mulai dari Orkut, Friendster, Twitter, Plurk, Facebook, maupun SalingSapa yang akhir-akhir ini mulai  terkenal. Bukan tidak mungkin Anda dapat membuat social networking seperti itu karena saat ini sudah ada CMS (Content Management System) yang dapat memudahkan kita dalam mengatur fungsi-fungsi dalam social networking itu sendiri.
Membuatnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, artinya cukup mudah. Kita tinggal mendownload software dari salah satu pendor, kemudian membuat hosting serta DNS, lalu menginstall layaknya menginstal CMS Wordpress, Joomla, Ning, maupun Drupal.


Social networking yang sedang menjadi trendseter saat ini misalnya jcow yang dipopulerkan oleh anak yang baru duduk di SMP di Jawa Barat. Dengan jcow kita dapat membuat social networking sendiri untuk komunitas kita sendiri maupun untuk akses online ke seluruh dunia. Untuk mendapatkannya cukup mudah, anda dapat mengunjungi http://www.jcow.net/. Disana tersedia 2 versi yakni versi gratis dan versi berbayar.
Tentu saja versi gratis dengan fasilitas seadanya misalnya http://www.temenanyuah.com semuanya dibuat dengan gratis mulai dari hosting, DNS dan Jcow versi 4.2.1. Sedangkan versi berbayar fiturnya lakan ebih lengkap dan powerfull. Informasi tambahan, saat ini Jcow sudah merilis jcow  terbaru versi 5 dan semuanya berbayar. Jadi apabila anda hanya akan sekedar mencoba saja masih bisa mendownload dari versi 4 ke bawah.
Selamat mencoba dan semoga anda berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar